logo mobile f2c furniture

Download Aplikasi F2C Furniture

Custom Furniture

Hitung Estimasi Biayamu!

F2C Interior Design

Desain Space-saving oleh desainer prosesional

36x Cicilan

Bayar lebih ringan, Transaksi jadi lebih mudah

Garansi 2 Tahun

Jaminan barang berkualitas bikin tenang & nyaman

Upgrade Interior Untuk Kebiasaan Barumu

kitchen set

Kitchen Set

Dapur yang bikin chef andalan keluarga selalu jadi ingin masak.

home

Rumah

Desain interior rumah jadi lebih leluasa untuk lakukan banyak aktivitas baru.

apartement

Apartemen

Manfaatkan satu ruangan untuk berbagai aktivitasmu dengan desain spacing-sabing.

Lemari Custom

Desain lemari yang paling pas buatmu. Semua jadi lebih rapih dan mudah dicari.

kantor

Kantor

Tingkatkan performa bisnismu dengan interior kantor kreatif yang pas buat milenial.

meja washington 02

Hotel

Berikan pengalaman terbaik kepada customermu dan raih kesuksesan bisnis.

Tips Panduan Order Custom Furniture untuk Rumah Anda

Produk custom seperti custom furniture memang menawarkan banyak kelebihan yang menarik bagi pelanggan seperti Anda. Bahkan, Anda bisa memesan furnitur atau perabot custom tak hanya untuk rumah saja, tapi juga untuk kebutuhan lainnya. Misal restoran, kafe, kantor, dan lain sebagainya.

Ada berbagai alasan mengapa masyarakat memilih furnitur custom. Dan salah satu alasan utamanya adalah untuk mendapatkan furnitur yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, seperti berdasarkan ukuran dan bentuk ruangan. Tak hanya itu saja, selera juga sering jadi alasan mengapa furnitur custom dipilih. Apalagi bagi orang-orang yang suka menunjukkan keunikan diri mereka masing-masing.

Dan bicara soal furnitur custom, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam meng-custom perabot yang Anda butuhkan. Di samping itu, ada beberapa tips yang juga perlu Anda ketahui sebelum Anda memesan custom furniture, apalagi untuk pertama kalinya. Simak penjelasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Alasan Memilih Furnitur Custom untuk Rumah

Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu alasan mengapa furnitur custom adalah pilihan yang direkomendasikan untuk Anda pertimbangkan.

1. Anda punya peran dalam pembuatan furnitur secara keseluruhan

Bisa dibilang inilah alasan paling jelas mengapa furnitur custom adalah opsi yang sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Karena dengan memilih furnitur custom, secara garis besar Anda jadi bagian dari proses pembuatan furnitur tersebut, terutama dari segi desain. Dengan begitu, Anda bisa benar-benar tonjolkan seperti apa gaya atau style unik yang memang menggambarkan diri serta hunian Anda. 

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa pastikan sejak awal bahwa furnitur tersebut memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki rumah mungil di mana Anda memiliki kebutuhan akan bentuk ataupun ukuran furnitur tertentu. Di sinilah custom furniture bisa jadi solusi yang efektif.

2. Furnitur dibuat oleh ahli yang berpengalaman

Anda sama sekali tak perlu khawatir kalau-kalau pilihan material, struktur, maupun kekuatan furnitur custom yang Anda pesan ada di bawah standar. Karena dengan memilih furnitur custom, Anda juga akan mendapatkan layanan dari tukang yang sudah ahli dan berpengalaman. Apalagi jika Anda memesan furnitur custom dari brand yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya, seperti F2C Furniture.

Terlebih lagi ketika Anda juga mendapatkan opsi untuk memilih jenis material apa untuk digunakan dalam pembuatan furnitur custom. Mengingat bahwa material juga berperan penting dalam memastikan kualitas dan kekuatan furnitur, Anda bisa pastikan hanya material berkualitas saja yang digunakan dalam pembuatannya.

3. Tidak semahal dan serumit yang mungkin sudah Anda bayangkan

Apa saja yang terlintas di kepala Anda ketika memikirkan soal furnitur custom? Tak sedikit pelanggan yang awalnya berpikiran bahwa furnitur custom butuh waktu yang sangat lama dan proses yang panjang dalam pembuatannya. Selain itu, ada anggapan yang melekat bahwa furnitur custom pasti mahal harganya.

Padahal, sebenarnya anggapan-anggapan tersebut tidaklah tepat. Saat ini, furnitur custom bisa diproduksi dengan lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya. Salah satu alasannya adalah karena pilihan cara meng-custom furnitur yang sangat beragam. Misalnya memilih warna atau material tertentu, sementara desainnya tetap Anda sesuaikan dengan pilihan desain furnitur yang sudah ada. Dengan begitu, proses pembuatan furnitur custom-nya tidaklah serumit atau seribet yang mungkin sudah Anda bayangkan sebelumnya.

4. Pilihan furnitur yang lebih banyak dan tanpa batas

Dengan memilih custom furniture, Anda jelas memiliki opsi yang tak terbatas hanya pada apa yang tersedia di etalase atau katalog saja. Soalnya, Anda punya pilihan untuk meng-custom furnitur yang Anda butuhkan agar benar-benar sesuai dengan selera maupun kebutuhan Anda.

Salah satu contoh tersimpel dalam furnitur custom adalah kebebasan dalam memilih warna. Misalnya warna cat perabot ataupun warna kain pelapis alias upholster untuk sofa. Di samping itu, Anda juga bisa gunakan opsi custom tersebut untuk skala yang lebih besar. Misalnya memesan furnitur dengan bentuk dan ukuran tertentu yang sama sekali tidak ada di etalase maupun katalog produk.

3 Opsi Custom untuk Furnitur Pilihan Anda

Sampai di sini, Anda barangkali sudah mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang bagaimana Anda bisa meng-custom furnitur yang Anda butuhkan. Dan secara garis besar, sebenarnya ada 3 (tiga) opsi yang bisa Anda coba lakukan saat memesan custom furniture. Ketihanya adalah custom desain, custom tampilan, dan custom fitur-fitur tambahan pada furnitur tersebut.

Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih nyata, Anda bisa simak dulu penjelasan tentang ketiga metode atau opsi custom yang dapat diterapkan pada furnitur berikut ini.

1. Custom desain: komposisi dan penataan

Pernahkah Anda belanja barang yang Anda butuhkan untuk suatu kebutuhan tertentu, tapi opsi yang ada di pasaran belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut? Isu seperti ini sebenarnya banyak dialami oleh para pelanggan yang akan membeli furnitur baru, dan Anda barangkali adalah salah satunya.

Tentu Anda paham betul bahwa Anda ingin memilih furnitur yang dapat digunakan dalam jangka panjang, bahkan hingga belasan atau puluhan tahun. Ditambah lagi, harga furnitur tidaklah murah. Maka dari itu, sebagai pemilik rumah Anda jelas menginginkan furnitur yang tepat dan pas untuk ditempatkan di dalam rumah. 

Di sinilah custom furniture bisa jadi solusi yang tepat. Lewat custom produk, Anda bisa pastikan bahwa furnitur yang Anda pilih memang pas untuk kebutuhan maupun hunian Anda. 

2. Custom tampilan: material, warna, dan motif

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa style dan tampilan suatu produk adalah salah satu faktor penentu mengapa seseorang membeli produk tersebut. Hal yang sama juga berlaku saat membeli furnitur baru. Sebagai contoh, kalau Anda punya ruang tamu yang didesain dengan gaya modern tentu akan terasa aneh jika Anda memilih sofa klasik, kecuali Anda sedang mencoba style unik yang eklektik.

Ditambah lagi, masing-masing orang memiliki preferensi desain dan style mereka. Dan jika Anda ingin menonjolkan style serta desain yang Anda suka, custom furniture adalah pilihan yang pas. Pasalnya, Anda bisa tentukan berbagai elemen yang menunjukkan preferensi Anda tersebut, mulai dari material, warnanya, ketahanan material yang digunakan, dan sebagainya.

3. Custom fitur: aksesoris dan fungsi ekstra pada furnitur

Cara lain yang bisa Anda pertimbangkan dan lakukan ketika memesan furnitur custom adalah menambah beberapa fitur sesuai kebutuhan. Seperti dengan menambahkan aksesoris hingga fungsi ekstra pada furnitur yang Anda pesan.

Beberapa contoh yang biasa dilakukan misalnya meng-custom meja kerja dengan tambahan ruang untuk meletakkan HP agar aman dari tumpahan air minum. Atau sofa dengan ruang penyimpanan tersembunyi di bawah cushion atau dudukannya. Atau kursi dengan tambahan cup holder.

Pilihan custom yang sangat fleksibel dan variatif ini akhirnya membuka opsi bagi Anda yang memang menginginkan fungsi dan fitur tertentu pada furnitur di rumah. Dengan begitu, Anda dan keluarga pun bisa benar-benar merasa nyaman selama menghabiskan waktu bersama di rumah berkat adanya custom furniture. Ditambah lagi jika Anda memilih brand furnitur custom berkualitas seperti F2C Furniture, di mana Anda bisa berkonsultasi untuk mendapatkan furnitur yang tak hanya fungsional tapi juga pas.

Tips Memesan Furnitur Custom untuk Pertama Kali

Bagaimana, rupanya ada begitu banyak opsi dan alternatif yang bisa Anda coba dengan memilih furnitur custom untuk hunian Anda, kan? Hal ini menunjukkan begitu banyaknya kemungkinan yang bisa Anda eksplor hanya dengan memilih furnitur custom. Bahkan Anda bisa custom tak hanya dari segi tampilannya saja, tapi juga fungsionalitas agar furnitur tersebut bisa benar-benar pas di rumah dan kehidupan Anda.

Hanya saja, apa yang perlu Anda siapkan dan lakukan ketika akan memesan furnitur custom, ya? Bagi Anda yang baru akan mencoba memesan furnitur custom untuk pertama kali, rasanya wajar apabila Anda menghadapi kebingungan seperti ini.

Maka dari itu, Anda bisa simak terlebih dahulu tips dan panduan memesan custom furniture berikut ini. Apalagi jika Anda baru pertama kali melakukannya. Ini dia tipsnya.

1. Pertimbangkan ruang dan ukuran yang ada

Sebelum Anda memesan furnitur custom, pastikan sejak awal bahwa Anda sudah mengukur ruangan atau rumah dengan benar. Bahkan tips ini perlu Anda lakukan meskipun Anda tidak berniat untuk memesan furnitur custom sekalipun. Alasannya sebenarnya sudah jelas: untuk memastikan bahwa ukuran furnitur yang akan Anda beli nantinya memang sudah tepat dan sesuai. Artinya furnitur tersebut tidak kebesaran ataupun kekecilan.

Selain mengukur ruang untuk furnitur custom tersebut, bayangkan juga bagaimana ruangan tempat furnitur tersebut berada akan digunakan. Misalnya di ruang tamu – bayangkan ada berapa orang yang akan menggunakan ruang tamu, seperti apa lalu lalangnya, dan apa saja barang ataupun dekorasi yang ingin Anda tempatkan di sekitar custom furniture nantinya. Bahkan objek yang terlihat kecil seperti vas mungil atau foto di dinding juga bisa memengaruhi jumlah ruang yang tersisa di ruangan, lho.

2. Tentukan style yang pas

Setelah Anda sudah menentukan berapa ukuran ruang yang akan dimanfaatkan untuk menempatkan furnitur, langkah berikutnya adalah pertimbangkan soal penampilannya. Pilih dan tentukan style seperti apa yang ingin Anda bawa ke dalam ruangan. Idealnya, pilihlah style dan tampilan yang cocok dengan ruangan tersebut.

Misalnya, Anda akan membeli sofa untuk ruang tamu yang modern dan minimalis. Maka dari itu, pilihlah sofa yang memiliki siluet simpel dan sleek yang merefleksikan style modern minimalis. Dan untuk warna, Anda bisa pilih warna sofa yang senada dengan warna ruang tamu. Atau Anda bisa juga bereksperimen dengan custom furniture sofa warna terang di tengah ruang tamu yang dominan warna netral.

Pada akhirnya, ingat bahwa Anda punya keleluasaan dalam menentukan tampilan furnitur custom Anda.

3. Furnitur indoor atau outdoor?

Pertimbangan berikutnya yang juga perlu Anda tentukan dengan matang adalah penggunaan furnitur tersebut. Apakah akan digunakan di area indoor atau outdoor? Lantas, mengapa pertimbangan ini penting, ya?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, tidak semua material furnitur bisa digunakan untuk indoor dan outdoor. Karena di area outdoor, ada faktor-faktor yang bisa memengaruhi kondisi maupun tampilan furnitur, seperti debu, hujan, dan panas. Faktor-faktor tersebut bahkan bisa memengaruhi kekuatan dan ketahanan furnitur.

Maka dari itu, pilihlah furnitur dengan material yang memang sesuai dengan penempatannya. Untuk custom furniture outdoor, pilih material yang lebih tahan cuaca dan debu untuk mencegah risiko kerusakan atau perubahan penampilan.

4. Pertimbangkan faktor material furniturnya

Lantas, apa material yang cocok untuk furnitur outdoor, ya? Ada beberapa jenis yang direkomendasikan, seperti kayu jati, stainless steel, alumunium, atau resin sintetis. Meski demikian, ingat bahwa masing-masing jenis material jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu, pelajari dulu agar Anda bisa memilih material yang tepat.

Sedangkan untuk furnitur indoor, pada dasarnya Anda bisa memilih jenis material apapun. Maka dari itu, Anda bisa lebih fokus pada penampilan furniturnya saja.

5. Alokasikan budget dengan cermat

Tentu saja Anda tidak bisa mengesampingkan faktor budget, apalagi jika Anda juga masih memiliki kebutuhan lain yang masih harus dibeli. Misalnya Anda perlu membeli tak hanya satu item furnitur saja, tapi dua atau lebih. Maka dari itu, alokasikan budget Anda dengan teliti dan cermat agar pengeluaran Anda tidak membengkak.

Terkait dengan custom furniture, pastikan dulu sejak awal bahwa Anda mendapatkan kalkulasi harga yang menyeluruh secara transparan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau nantinya harga furnitur custom yang harus Anda bayarkan malah membengkak dan melebihi budget yang sudah ditetapkan. 

Dan inilah satu alasan penting lainnya mengapa Anda perlu memilih brand furnitur yang terpercaya seperti F2C Furniture. Lewat info estimasi harga furnitur custom yang lebih akurat dan transparan, Anda pun bisa kelola budget dengan lebih bijak juga, kan?

6. Jangan lupa untuk request sampel

Hal lain yang juga penting untuk Anda lakukan ketika akan memesan furnitur custom adalah me-request sampel dari pihak produsen. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa furnitur custom-nya memang sesuai dengan yang Anda butuhkan dan pesan.

Lewat sampel tersebut, Anda pun bisa melihat dan memegang langsung barangnya. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa dengan lebih jelas membayangkan seperti apa custom furniture tersebut nantinya akan terlihat di dalam ruangan dan bagainya furnitur tersebut digunakan oleh Anda maupun anggota keluarga.

Langkah yang satu ini sebenarnya tidak wajib. Akan tetapi jadi semakin dianjurkan terutama jika Anda memesan furnitur yang menggunakan material kayu dan kain. Mengingat bahwa tone kayu dan warna kain sangat beragam, adanya sampel bisa bantu Anda memastikan bahwa pihak produsen tidak keliru memilih material.

7. Pelajari kebijakan retur dengan teliti

Yang juga tak kalah pentingnya adalah soal kebijakan retur atau return policy. Selalu ketahui dan pastikan dengan jelas serta lengkap seperti apa kebijakan retur pihak penjual atau produsen furnitur custom tersebut. Terutama layanan pelanggan atau customer service-nya (CS).

Meskipun Anda sudah merencanakan semendetail mungkin, ada kemungkinan pula bahwa hasil jadi dari furnitur yang Anda pesan nantinya berbeda dari yang sebenarnya sudah disepakati di awal. Oleh karena itu, pastikan dulu sejak awal bahwa ada opsi retur apabila ternyata furnitur jadinya nanti tidak sesuai dengan pesanan. Dan dari sisi pelanggan, Anda juga perlu menyimpan pesanan dan bukti pembayaran dengan mendetail dan lengkap.

Itu tadi panduan memesan custom furniture dan informasi lain terkait yang penting untuk Anda ketahui. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

WeCreativez WhatsApp Support
Custom Furniture | Paket Get Married | Cabinet Serbaguna | Meja Makan | Rak Serbaguna | Meja Serbaguna | Buffet TV | Meja Rias | Kursi | Lemari Serbaguna, Tanyakan apa saja kepada saya!
Hai, ada yang bisa Furnia bantu ?